Catatan Study Tour

   Jakarta-Bandung

   DKI Jakarta adalah ibu kota dan kota terbesar di Indonesia. Sering juga disebut dengan Jakarta. Jakarta merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki status setingkat provinsi. Kota ini memiliki banyak destinasi wisata, yaitu TMII, Monas, Dunia fantasi, Museum Fatahillah dan masih banyak lagi.

   Kota Bandung adalah kota terbesar sekaligus ibu kota provinsi Jawa Barat. Kota ini memiliki beberapa julukan seperti Kota Kembang dan Paris Van Java


 1. Bandara Ahmad Yani
Bandara ini adalah bandara internasional yang terletak di Semarang, Indonesia. Nama bandara ini diambil dari salah satu nama pahlawan revolusi yaitu jenderal Ahmad Yani. Bandara ini dikelilingi oleh banyak tambak sehingga terlihat seperti bandara yang terapung.

2. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah adalah suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia di Jakarta Timur. Area seluas kurang lebih 150 hektare atau 1,5 kilometer. Di taman ini terdapat banyak sekali objek yang dapat dikunjungi, seperti Pusat Peragaan IPTEK, Teater Keong Emas, Istana Anak-Anak Indonesia, Rumah adat dan masih banyak lagi.

3. Pusat Peragaan IPTEK

PP IPTEK adalah museum bertema sains yang terletak di kawasan TMII Jakarta. Di dalam museum ini terdapat banyak sekali wahana yang dapat dicoba. Pengunjung dapat mencoba langsung wahana yang ada di sini untuk mengetahui bagaimana terjadinya kejadian sehari-hari. Disini juga dipajang beberapa model kendaraan, bentuk mesin dan cara kerjanya.

4. Ocean Dream Samudera
Ocean Dream Samudera adalah taman hiburan bertema air yang menampilkan beberapa pertunjukan hewan laut. Taman ini terletak di kawasan Ancol. Di sini, kami menonton pertunjukan Scorpion Pirates yang menceritakan gerombolan bajak laut yang bertarung untuk memperebutkan keris sakti.

5. Dunia Fantasi

Dunia Fantasi atau yang juga dapat disebut dengan Dufan adalah taman wisata yang terletak di kawasan Ancol. Di taman ini terdapat banyak sekali wahana yang menguji adrenalin para pengunjung. Beberapa contoh wahana yang ada di sini adalah kora-kora, hysteria, rumah hantu, halilintar, arung jeram, dan tornado. 

6. Floating Market Lembang

Floating Market Lembang adalah pasar apung yang berada di Situ Umar, Bandung. Di pasar ini dapat dijumpai banyak pedagang yang menjual berbagai jenis barang seperti makanan dan oleh-oleh. Pasar ini menggunakan koin sebagai alat pembayaran. Koin didapatkan dengan menukarkan uang dengan besaran tertentu.

7. Cibaduyut

Di sini terdapat banyak jenis barang yang dapat dibeli dari pedagang dan toko-toko. Barang dari pedagang dapat ditawar oleh pembeli. Barang dagangan yang mendominasi di sini adalah produk sepatu kulit. Di sini juga dijual makanan khas Bandung dan oleh-oleh seperti baju.

8. Saung Angklung Udjo
Saung Angklung Udjo adalah tempat pertunjukan angklung, pusat kerajinan dan workshop alat musik angklung. Saung ini juga berfungsi sebagai laboratorium dan tempat belajar untuk melestarikan kebudayaan sunda khususnya angklung. Saung ini didirikan pada tahun 1966 oleh Udjo Ngalagena yang akrab disapa dengan Mang Udjo dan istrinya, Umum Sumiati.